Selasa, 18 Desember 2012

ALAT - ALAT TAMBANG 2

,


Pertambangan adalah rangkaian kegiatan dalam rangka upaya pencarian, Penambangan  penggalian), pengolahan, pemanfaatan dan penjualan bahan galian bisa berupa mineral, batubara, panas bumi, atau migas. Dalam artikel ini saya akan membahas tentang alat-alat berat atau biasa disingkat A2B yang dipergunakan dalam pertambangan di bidang batu bara menurut pengalaman saya. tujuannya hanya berbagi pengetahuan dan wawasan tentang dunia pertambangan batu bara. karena dilingkungan saya pribadi masih ada sebagian orang belum mengerti apa saja alat-alat yang digunakan dalam pertambangan itu, ada yang bilang menggunakan alat manual seperti para pemecah batu menggunakan palu, pacul, pahat dan lain sebagainya. 

mungkin karna kurangnya informasi yang sampai pada mereka sehingga membuat sebagian dari mereka tidak memiliki minat untuk melamar kerja di pertambangan yang terkesan sangat, membahayakan dan hanya orang-orang yang kuat saja yang mampu melakukannya. 
Namun pada kenyataanya semua itu tidak benar. Perlu diketahui bahwa memang pertambangan memiliki peringkat resiko kecelakaan nomor 2 setelah penerbangan, hal ini di karenakan para penambang menggunakan alat-alat atau kendaraan yang sangat besar, 
yang ukurannya menyamai ukuran rumah. sehingga sangat beresiko sekali bila mengoprasikannya tidak dengan sangat hati-hati serta memiliki keahlian dalam menggunakannya. sebelum saya menyebutkan apa saja alat-alat yang digunakan terlebih
dulu saya akan menjelaskan secara singkat proses penambangan batu bara ini, yaitu pada awalnya kita menentukan suatu lokasi yang kiranya terdapat batu bara, setelah ditentukan kemudian lokasi tersebut digali hingga menemukan batu bara, lalu setelah menemukannya batu bara tersebut diangkut ke tempat penampungan untuk dipecahkan agar ukurannya tidak terlalu besar hingga pada akhirnya nanti batu bara tersebut di jual. 

berikut ini adalah jenis-jenis alat yang digunakan dalam pertambangan batu bara. (GAMBARNYA CARI AJA DI MBAH GOOGLE YA.:) )

1. Perangkat Blasting 
alat yang digunakan biasa disebut Drilling, gunanya untuk mengebor lokasi area untuk membantu proses blasting. sedangkan Blasting itu sendiri adalah proses peledakan suatu area yang mengandung matrial keras agar dapat memudahkan dalam melakukan penggalian. 

2. Alat Loader 
ialah alat yang digunakan untuk melakukan penggalian seperti Exavator dan shovel atau dikampung saya biasa di sebut mobil begho. 

3. Alat Hauler 
yaitu alat yang digunakan untuk mengangkut matrial hasil galian loader dari front ketempat tertentu. alat ini ada beberapa macam sesuai lokasi penggunaannya yaitu di area tambang dan di area hauling. untuk yang digunakan di area tambang biasa menggunakan dump truk jenis Heavi Duty (di singkat HD) untuk ukuran sedang, HM Volvo untuk ukuran kecil dan Libert Monster untuk ukuran besar. 

sedangkan alat untuk yang digunakan di area hauling menggunakan Trailer yang khusus mengangkut Coal(batu bara) dari Room(tempat pengumpulan batu bara dari Front) ke klanis yang nantinya akan dipecahkan agar ukurannya tidak terlalu besar. 

4. Alat Support 
alat yang digunakan untuk membantu memudahkan proses penamambangan. alat ini ada bermacam-macam sesuai kegunaannya antara lain: 
-buldozer untuk merapikan disposal (tempat pembuangan matrial selain batu bara seperti pasir, tanah dan batu-batu biasa) 

-Grader untuk merapikan jalan agar tidak keriting, licin atau sempit yang sekiranya dapat menghambat alat hauler dalam melakukan proses pengangkutan. 

-Water Truk untuk menyiram jalan, tujuannya agar dapat mengurangi jalan berdebu yang dapat mengganggu pandangan para operator alat Hauler 

5. alat Room 
yaitu WA atau willoader, digunakan untuk membantu meletakkan batu bara ke dalam vessel (bak) trailer untuk diangkut ke klanis. nah semua alat-alat tersebut bekerja harus secara team karena salingmembutuhka antara alat satu dengan alat yang lain dalam proses penambangan.


Comments
0 Comments

0 komentar to “ALAT - ALAT TAMBANG 2”

Poskan Komentar

 

WISATA TAMBANG Copyright © 2011 -- Template Edited by Angin Es -- Owner Blog Windi Hilman